Canon iP2770, iP2700 Sensor Kertas Rusak

Printer Canon iP2770 seri terbaru sering sekali mengalami masalah kertas macet (paper jam). Masalah ini bisa disebabkan oleh kertas yang macet atau tertinggal di bagian dalam printer, namun ketika pesan kesalahan kertas macet terus menerus muncul padahal tidak ada kertas yang tertinggal maka bisa jadi printer mengalami kerusakan pada sensor kertas atau PE Sensor.
Salah satu ciri lain yang menunjukkan kerusakan sensor kertas adalah ketika printer dihidupkan maka akan terdengar langsung berputar seperti hendak mengeluarkan kertas dan diakhiri dengan pesan kertas macet di layar serta blinking (led orange berkedip) di printer. Nah…, untuk mengatasi masalah ini silahkan coba lakukan tips berikut ini:
  • Matikan & cabut kabel power printer kemudian bongkar printer.
  • Setelah Penutup Atas Printer
  • Buka sensor kertas (PE Sensor) dengan cara melepas kabel yang berada di mainboard terlebih dahulu & satu baut di atas penarik kertas. Terdapat dua buah sensor, yakni :
    • ASF Sensor 
    • PE Sensor 
  • Ukur semua kabel penghubungnya dengan menggunakan multimeter, jika kabel putus maka langsung ganti dan coba pasang kembali sensornya untuk diuji.
  • Apabila kabel masih bagus maka selanjutnya mengukur sensor dengan menggunakan multimeter. Cara mengukurnya sama saja dengan mengukur diode. Pada saat pengukuran, jika hambatan sensor lebih dari 20 ohm maka sensor biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik. Apabila kedua sensor baik ASF sensor maupun PE sensor menunjukkan hasil pengukuran yang sama maka sebaiknya kedua sensor diganti.
  • Setelah mengganti semua sensor maka langkah selajutnya memasang kembali kemudian mengujinya dan seharusnya printer tidak akan mengalami error paper jam lagi.
Sebaiknya lakukan pergantian satu set sensor plus kabel-kabelnnya. Sensor pada printer iP2770 sama juga dengan yang digunakan pada tipe yang sejenis seperti MP258, MP287, MP237 atau bahkan printer Canon seri yang lama seperti iP1980 dan yang sejenis.


Share this article :
+
Previous
Next Post »