Shortcut Keyboard pada Microsoft Word

Kali ini saya akan sedikit memabahas mengenai shortcut keyboard pada microsoft word. Dengan tombol shortcut memungkinkan kita untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan menjadi lebih cepat karena pengguna tidak perlu mengarahkan kursor pada menu tertentu untuk melakukan aktivitas. Pengguna microsotf word hanya perlu menekan tombol dari keyboard untuk memakai perintah tersebut.

Sebagai contoh, saat kita ingin menyimpan file dokumen microsoft word , kita harus menekan tombol office button pada bagian pojok kiri atas, kemudian memilih perintah save untuk menyimpan file. Dibandingkan kita hanya perlu menekan tombol CTRL + S untuk menyimpan dokumen ms word. Atau seperti halnya jika kita ingin membuka dokumen baru, kita juga harus menekan office button kemudian pilih menu new. Akan tetapi jika kita bisa memanfaatkan tombol shortcut kita cukup menekan CTRL + N untuk membuka dokumen baru.

Berikut adalah tombol shortcut keyboard yang paling sering digunakan saat menggunakan microsoft office word:

Keyboard

Fungsi

CTRL + A

berfungsi untuk memblok keseluruhan teks pada lembar kerja.

CTRL + B

berfungsi untuk mengubah format font menjadi tebal (Bold)

CTRL + C

berfungsi untuk menyalin teks atau gambar (Copy)

CTRL + D

berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Font

CTRL + E

berfungsi untuk membuat teks menjadi rata tengah

CTRL + F

berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace

CTRL + G

berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace

CTRL + H

berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace (tab Replace)

CTRL + I

berfungsi untuk mengubah format teks menjadi miring (Italic)

CTRL + J

berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan dan kiri (Justify)

CTRL + K

berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Insert Hyperlink

CTRL + L

berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kiri (Left)

CTRL + M

berfungsi untuk menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen

CTRL + N

berfungsi untuk membuka dokumen baru (New)

CTRL + O

berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Open (Open)

CTRL + P

berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog cetak (Print)

CTRL + Q

berfungsi untuk menghilangkan nomor urut

CTRL + R

berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan (Right)

CTRL + S

Cberfungsi untuk menyimpan dokumen (Save)

CTRL + T

berfungsi untuk menggeser Left Tab pada mistar dokumen

CTRL + U

berfungsi untuk mengubah format teks menjadi bergaris bawah (Underline)

CTRL + V

berfungsi untuk menempelkan (paste) hasil teks yang sudah di Copy

CTRL + W

 

berfungsi untuk menyimpan dan langsung menutup program lemar kerja yang di pakai

CTRL + X

berfungsi untuk memotong teks (cut)

CTRL + Y

berfungsi untuk mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan (Redo)

CTRL + Z

berfungsi untuk membatalkan aktivitas terakhir (Undo)

Share this article :
+
Previous
Next Post »